SUARA QOLBU


Remaja
November 26, 2007, 6:17 am
Filed under: Uncategorized | Tag:

Remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, pada masa ini mulai tampak pertumbuhan genetikal fisik berupa penyempurnaan organ-organ seksual.

Pada proses perkembangan genetikal tersebut biasanya anak diliputi oleh perasaan yang seirama dengan pertumbuhan hormon seksualnya, mulai tumbuh rasa cinta dan kasih sayang yang didasari dengan nafsu seksual.

Pada anak laki-laki pertumbuhan organ seksual di tandai dengan tumbunya kumis, membesarnya jakun (gulu menjing = jawa) dan tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan.

sedangkan pada anak perempuan ditandai dengan membesarnya payudara, dan tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan serta mulainya haid.

pakar psikologi Indonesia membatasi usia remaja dari umur 11 sampai 24 tahun, pada usia ini merupakan proses pertumbuhan organ-organ seksual. ada beberapa alasan sehingga para psikolog menggolongkan / membatasi masa remaja dengan usia diatas antara lain :

1. pada usia 11 tahun akan mulai dianggap akil balik, baik menurut adat istiadat di Indonesia maupun menurut agama, dan sudah dianggap bukan anak – anak lagi, mereka mulai di bimbing untuk mandiri, melakukan segala keperluan yang sebelumnya di kerjakan orang tua (dilayani) pada usia ini sudah belajar melakukannya sendiri; misalnya : mencuci baju sendiri, pakai sepatu sendiri, makan sendiri, berangkat sekolah sendiri dan lain sebagainya.

2. pada usia 11 tahun anak sudah mulai merasakan daya tarik atau tertarik pada lawan jenis, hal ini dipengaruhi oleh mulai diproduksinya organ genital. ada keinginan-keinginan untuk melakukan sesuatu yang dinggapnya dapat memuaskan dirinya. mereka belum berfikir resiko akibat dari perbuatannya itu.

3. pada usia 24 tahun kebanyakan masyarakat indonesia sudah menikah dan memiliki kemandirian serta sudah tidak mau lagi diperlakukan sebagai remaja apalagi dianggap ana-anak. bisa marah besar jika pada usia 24 tahun mereka masih diperlakukan sebagai anak-anak.

4. Pernikahan merupakan batas antara remaja dan dewasa. pada masyarakat Indonesia apabila anak sudah menikah, maka dia sudah dianggap dan diperlakukan sebagai orang dewasa, walaupun umurnya belum mencapai 24 tahun, kadang malah ada yang usianya 13 tahun sudah menikah

dari uraian diatas, maka sudah barang tentu orang tua harus memperhatikan perkembangan anak-anaknya utamanya pada masa remaja agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan menjadi orang yang menjadi kebanggan orang tua khususnya dan bangsa pada umumnya.

Wallahu a’lam bishowab


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: